Playlist

Sabtu, 24 Januari 2015

Chapter 3: Relative or Precious?

      Selamat pagi, siang, sore, dan malam khalayak ramai, khususnya kamu. Iya kamu. Bukan kamu. Ituloh yang dibelakang kamu *apasih*. Gausah ditanya lagi gue nulis postingan kali ini berdasarkan cerita siapa. Siapa lagi kalo bukan pak Rudy (lagi-lagi Pak Rudy).
Minggu ini, tepatnya hari Senin dan Rabu kemarin saat pelajaran fisika, kami telah sampai pada bab Relativitas. As always, beliau menjelaskan apa itu relativitas dan ‘huruf bercampur angka’-nya tersebut di papan tulis dengan beberapa cerita sebagai selingannya yang dibawakan dengan gaya khasnya –standup comedy-. 

     Disini gue gak akan bercerita tentang relativitas dan menghubungkannya dengan kehidupan kita sehari-hari karena pengetahuan gue belum sampe dititik itu. Gue hanya akan mengambil kata dasar dari relativitas untuk dijadikan salah satu topik kali ini. Jadi, kita bahas tentang relatif aja yuk. 



    Percaya gak sih kata ‘relatif’ bisa menjadi jurus jitu untuk meleraikan suatu perdebatan atau perselisihan? Kalo gak percaya coba aja buktiin. Misalnya, lo gak sengaja numpahin minuman ke baju baru temen lo. Lo meminta maaf dan menjelaskan bahwa itu sebuah ketidaksengajaan, well temen lo sih iya aja bilangnya sih ‘aku gapapa, kok’ padahal dalam hati mah KZL maksimal. Eh sayangnya, teman lo yang lain yang memandangi kejadian tersebut bilang kalo lo sengaja numpahin minuman ke baju baru temen lo itu karena lo iri. Hmm, temen lo gak salah kok, lo juga gak salah, gak ada yang salah disini. Bahkan minuman yang tumpah pun gabisa disalahin. Karena sudut pandang orang itu berbeda, temen lo cuman ngeliat dari satu sisi tanpa mau tau kebenarannya. Apa yang dia lihat itulah kebenarannya. Well, relatif. 

    Ngerti gak sih maksudnya? Berbelit ya? Hehehe gue emang payah kalo ngejelasin sesuatu, gue pengennya orang lain ngalamin dulu kejadiannya biar ngerti sendiri. Ha Ha. Jadi, intinya tuh apa yang kita lihat menurut sudut pandang kita gak selalu sama dengan apa yang orang lain lihat menurut sudut pandang dia. Relatif. Susah juga sih ya ngejelasin relatif itu gimana, mesti ada aja penjelasan yang well, relatif juga. Gak salah kan? Kalo gue salah, ya relatif. Hehehe

    Mari kita lupakan sejenak tentang relatif. Beralih ke topik ‘waktu tidak bermakna’. Kok bisa sih waktu menjadi tidak bermakna? Coba jelasin dimana letak ‘tidak bermakna’nya waktu itu?
Pada pernah nonton film ‘In Time’ ? film yang dibintangi Justin Timberlake as Will Salas dan Amanda Seyfried as Sylvia ini mengisahkan tentang ‘waktu’. Where ‘time’ is the most precious thing even diamond means nothing. Gimana engga, di film tersebut ‘waktu’ menjadi tolak-ukur kehidupan manusia. Hidup lo bergantung pada waktu yang tertera pada tangan lo dengan hitungan mundur. Untuk memperoleh ‘waktu’ yang lebih banyak, lo harus bekerja keras yang juga menguras waktu lo yang kemudian akan dibayar dengan ‘waktu’ lainnya. Disini, uang hanya berlaku untuk membeli waktu. Makan pun lo harus membayar dengan ‘waktu’ yang lo punya sesuai dengan pricelist yang tertera di menu. Bahkan lo bisa membeli perpanjangan waktu agar lo bisa hidup lebih lama. Yang menguntungkan disini, lo awet muda, walopun lo udah berumur 100 tahun lo tetep keliatan seperti umur 25 tahun. Sayangnya, lagi-lagi yang bisa menikmati waktu yang berlimpah ini cuman kalangan orang kaya, mereka menginvestasikan seluruh harta mereka demi ‘waktu’ yang kemudian bisa ditabung di bank ‘waktu’. Yang miskin? Well, mereka harus kerja keras demi ‘waktu’ itu, kalo mereka gak bisa bertahan, it’s game over. Sakitnya lagi, lo bisa tau kapan waktu lo mati karna ada hitungan mundur di lengan lo. Kerasa banget gak adilnya hidup kalo hidup ini bergantung pada ‘waktu’. Untung cuman film.

    Terlepas dari cerita ‘in Time’ tersebut, gue juga pengen cerita kenapa waktu it bisa sangat berarti. Pasti kalian pernah ngerasain yang namanya ditinggal mati seseorang kan? Gimana sih rasanya? Sedih? Pasti. Menyesal? Pasti. Kesal? Pasti. Kenapa? 

     Sedih, karna lo gak akan pernah ngeliat dia lagi selama-lamanya. Lo mau koprol di depan kuburan dia pun gak akan ngebuat dia bangun dan ikutan koprol. Yang bisa dia lakuin ya cuman tidur.Nyesel, karna lo gabisa menghabiskan waktu bersama dia lagi. Yang biasanya tiap bulan puasa dan lebaran selalu ada dia, sekarang lo ngerasa hampa dan mikir ‘rasanya ada yang aneh? Biasanya selalu ada dia yang nemanin saur, solat ied bareng’, lo ngelewatin hari-hari yang dulu lo lewatin bareng-bareng dia dan sekarang lo sendirian. Ganjil. Kesal, karna lo gabisa ngulang waktu dan menciptakan kenangan yang setidaknya dapat lo kenang saat dia pergi. Lagi-lagi lo nyesal kenapa dulu waktu dia masih ada, lo gak meluangkan sedikit waktu buat dia karna lo mikir dia gak akan ninggalin lo. Padahal, siapa yang tau kalo orang yang lo lihat kemarin, pergi ninggalin lo hari ini. 

    Nah, hal tersebut terjadi ke gue dan gue merasa benar-benar menjadi orang yang paling bodoh karna sudah menyia-nyiakan waktu. So guys, take your precious time before time takes your precious thing. 

    Gue juga pernah mengalami hal yang benar-benar menakuti gue melebihi apapun. Gue pernah hilang. Iya hilang. Jadi, waktu itu saat gue masih berusia 7 tahun gue liburan bareng keluarga ke rumah bude gue di Surabaya. Gue seneng banget disana karna bude gue selalu memanjakan gue seperti anaknya sendiri. Mungkin karna dulu gue imut. Namun hal tersebut berubah sejak bude gue mengajak gue dan keluarga gue ke pasar (gue gatau pasar apa karna gue masih terlalu imut untuk mengingatnya). Bude gue dengan senangnya menggandeng gue dan berjalan menjauh dari rombongan. Gue sih slow aja gue kan imut, jadi bude gamungkin ngelepasin tangan gue dan ninggalin gue. Sayang, itu hanya khayalan semata, bude gue menyuruh gue menunggu didepan kios penjual daging sementara doi mencari ikan di kios lainnya. Gue kecewa, ternyata ikan lebih imut ketimbang gue. Perih. Gak lama, ada ibu-ibu pasar yang tiba-tiba ngomong ‘anak siapa nih?’ dia teriak-teriak ngomong sama orang lain pake bahasa jawa gue gak ngerti sumpah -__-. Karna gak ada yang mau ngaku gue anak siapa dan gue cuman bengong aja sementara bude gue masih asik milih ikan, lalu gue diseret sama ibu-ibu itu keliling pasar ke arah yang berlawanan dimana bude gue berada. Gue langsung nangis kejer. 

    Waktu itu gue udah mau disuruh tinggal dirumah seseorang yang ada di pasar itu, gue tetep nangis kejer gabisa gue bayangin gimana hidup gue jadinya kalo gue gak bisa ketemu sama keluarga gue dan akhirnya diadopsi sama ibu-ibu pasar. Mungkin saat ini gue asik berjualan di pasar atau kalo masih ada acara termehek-mehek  gue mungkin salah satu pesertanya, mungkin gue juga ga akan sekolah di sekolah gue yang sekarang dan dapat tugas bikin tulisan ini dari pak Rudy dan mungkin kamu gak akan kenal aku. Iya, kamu. Gue lanjut nangis sampe akhirnya gue diajak keliling lagi buat nyari keluarga gue dan sampailah gue didepan gerbang masuk. Disana gue melihat keluarga gue menunggu dengan wajah cemas dan khawatir. Gue yang masih nangis sesenggukan langsung menangis dengan kencang lagi yang langsung disambut dengan perasaan lega bercampur haru. Disitu gue langsung dimanja, gue mau apa aja dikabulin, bude gue juga gitu makin memanjakan gue. Sayangnya gue udah terlanjur KZL sama doi, jadi gue berubah menjadi dingin. Gue gamau dimanjain sama bude gue lagi.


   Dan sampai sekarang gue bersyukur banget masih bisa ngumpul bareng keluarga gue. Gak kebayang gimana jadinya kalo saat itu gue gak ketemu. Makanya, gue selalu ingin menghabiskan waktu bareng keluarga gue, sekedar ngumpul di ruang tengah nonton tv bareng pun udah jadi hal yang berharga buat gue. Jadi guys, selagi masih ada waktu, luangin dikit lah waktu lo untuk sekedar ngumpul bareng, ngobrolin masa depan lo bareng mereka. Kalo bukan sekarang, kapan lagi? Mau nunggu ada yang pergi dulu dan lo nyesel baru lo sadar betapa berharganya waktu itu? Hahaha!
Akhir cerita, gue menyimpulkan kenapa waktu itu menjadi ‘tidak bermakna’, mungkin lo gak benar-benar menggunakan waktu lo dengan benar, atau lo hanya hidup tanpa tau tujuan hidup lo itu apa, atau lo menghabiskan waktu berharga lo pada sesuatu yang tidak berharga. Waste of time.

By the way, cerita di atas bersifat relatif ya, gaes. Karna cerita tersebut berdasarkan point of view gue. hihihihihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar